Hewan yang Melakukan Hibernasi, Ada yang Selama 7 Bulan, Loh!

Hibernasi adalah periode tidur panjang yang biasa terjadi pada hewan, ini merupakan aktivitas yang biasa mereka lakukan saat musim dingin saat makanan sedang langka. Tetapi tidak semua hewan melakukan hibernasi. Berikut ini akan kami tunjukkan beberapa hewan yang melakukan hibernasi!

Hewan yang Melakukan Hibernasi

1.Chipmunk

Hewan yang Melakukan Hibernasi, Ada yang Selama 7 Bulan, Loh!

Siapa yang tidak tahu hewan lucu satu ini? Chipmunk adalah hewan yang termasuk ke dalam keluarga Tupai dan biasa mereka aktif pada musim semi dan musim panas. Hewan yang suka menimbun makanan di pipi mereka ini suhu tubuhnya akan drop ketika memasuki musim dingin. Inilah yang membuat mereka berhibernasi di ilang yang sudah digali sedalam 1 meter dan di sana mereka tertidur sampai musim semi datang.

  1. Beruang

Banyak alasan yang membuat Beruang yang ada di tempat dingin melakukan hibernasi, salah satunya adalah pada masa tersebut mereka kesulitan untuk mendapatkan sumber makanan. Berbeda dengan beruang yang tinggal di tempat yang hangat, mereka tidak memerlukan hibernasi karena cadangan mereka banyak. Beruang melakukan hibernasi di sarang mereka yang biasanya berada di bawah akar pohon, celah batuan, gua, dan tempat tersembunyi yang hangat lainnya. Rata-rata beruang hitam dan Beruang Grizzly melakukan hibernasi kurang lebih 7 bulan lamanya.

  1. Fat-Tailed Dwarf Lemurs

Ketiga ada hewan lucu yang lucu dari endemik Madagascar ini. Hewan yang dijuluki Fat-Tailed atau ekor gemuk ini memiliki cadangan lemak di ekornya yang membuat mereka bisa bertahan hidup ketika berhibernasi. Selain itu hewan yang memiliki tempat favorit di lubang ini akan meringkuk saat detak jantung serta suhu tubuh mereka berubah rendah.

  1. Kelelawar

Tidak semua kelelawar melakukan hibernasi, namun ada beberapa yang melakukannya. Tempat kelelawar untuk melakukan hibernasi tidak pilih-pilih, asal tempat tersebut tenang, hangat, gelap, kelelawar dapat berhibernasi di sana. Mereka juga tidak mengumpulkan persediaan makanan ketika sedang berhibernasi, melainkan mereka akan menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada.

  1. Kura-Kura

Kura-kura juga merupakan salah satu hewan yang berhibernasi. Hewan satu ini melakukan hibernasi selama 3-4 bulan tergantung pada iklimnya atau spesies dari kura-kura itu. Biarkan ia tertidur panjang di dalam cangkangnya, biasanya hewan ini akan keluar rumah sebentar untuk mencari air.

  1. Lebah Bumblebee

Mungkin terdengar cukup aneh, tetapi percaya atau tidak kalau Lebah juga melakukan hibernasi. Ya, jenis lebah yang melakukan hibernasi ini adalah Lebah Bumblebee bersayap pendek yang selama musim gugur, hanya ratu lebah yang bertahan untuk berhibernasi.

Tetapi biasanya lebah yang biasa akan mati, sedangkan sang ratu akan siap-siap memulai koloni baru pada musim semi.  Ratu ini akan menggali tanah dan di sana ia akan bertahan sampai musim semi, pada prosesnya ia tidak membutuhkan makanan dan hanya tertidur selama masa hibernasi ini.

  1. Landak Mini

Terakhir yang akan kami bahas adalah Landak Mini, makhluk yang sebenarnya tidak semuanya melakukan hibernasi dan sesekali ia pun masih bisa bangun untuk mencari makanan. Cara ia berhibernasi adalah dengan mencari area kering yang mungkin aman dari para predator dan masa hibernasinya dari Desember sampai Januari. Hewan ini melakukan hibernasi sesuai dengan cuaca di tempatnya berasa, sebabnya ada Landak yang tidak melakukan hibernasi sama sekali.

 

Itulah beberapa hewan yang melakukan hibernasi, mereka melakukannya untuk mencermati keterbatasan makanan di musim dingin, unik, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *