Ini Adalah Hewan 5 Langka Yang Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia

Keanekaragaman flora dan fauna tidak hanya di negara lain, melainkan Indonesia juga memiliki flora dan fauna yang sangat unik serta hanya bisa ditemukan di Indonesia sendiri.

Indonesia yang kaya akan pulaunya dan provinsi yang sungguh banyak tentunya memiliki sebagian pulau tidak berpenghuni dan tidak disentuh.

Namun, ditempat situlah terdapat banyak hewan-hewan langka yang hanya bisa ditemukan di Indonesia dan sudah bersembunyi selama ribuan tahun.

Karena tempat inilah yang membuat mereka nyaman hingga bisa dilestarikan oleh para penduduk Indonesia.

Masing-masing dari mereka tentunya berbeda-beda dan memiliki keunikannya masing-masing. Mau tau apa saja binatang tersebut? Berikut penjelasannya.

1.Komodo

Ini Adalah Hewan 5 Langka Yang Hanya Bisa Ditemukan di Indonesia
Komodo yang hanya bisa ditemukan di Pulau Komodo, Padar, Rinca, dan Flores sangatlah menarik perhatian para penduduk. Dengan ukuran kadal tertinggi dan terbesar di dunia yang panjangnya mencapai 3 meter lebih.

Beberapa dari mereka percaya bahwa komodo ini adalah salah satu spesies dinosaurus yang masih hidup hingga sekarang dan sudah sangat tua umurnya.

Kalian tentunya bisa berwisata ke Pulau Komodo dan keselamatan kalian akan terjamin untuk melihat karnivora terbesar di dunia ini dengan pemandangan yang sangat indah di pulau tersebut dengan hanya mengetahui batas peraturan disana.

  1. Kerbau Anoa

Kerbau Anoa
Kalian pasti tau kan kerbau? Nah, Kerbau Anoa ini berbeda dengan kerbau lainnya yang menyeruduk melainkan Anoa berukuran sangat kecil dan disebut dengan sapi utan.

Kalian hanya bisa menemukannya di Sulawesi serta Anoa ini tinggal di dataran rendah dan tinggi dengan nama-nama yang berbeda bergantung dari tempat tinggalnya. Sangat unik kan?

Biasanya Anoa dijadikan makanan untuk penduduk sekitar. Namun, dinyatakan hewan ini bisa membuat kalian hilang kesadaran sehingga tidak bisa dimakan.

  1. Cendrawasih

Cendrawasih
Burung yang sangat cantik ini biasanya disebut dengan burung dari surge atau paradise yang dimana burung ini hanya bisa ditemukan di Papua Timur.

Dengan bulu yang sangat berwarna indah cerah dan halus serta ekor yang panjang sangat anggun di tubuh membuatnya terlihat sangat cantik seperti datang dari surga.

Keunikannya cendrawasih adalah tidak semua jenis ini warnanya sama, melainkan ada yang campuran dari warna kuning, merah, coklat, biru, dan ungu.

  1. Merak

Merak
Burung yang satu ini juga tidak kalah jauh cantiknya dengan Cendrawasih. Walaupun merak bisa ditemukan di India dan Malaysia, kalian juga bisa menemukannya di Pulau Jawa dan Sumatera dengan jenis yang sedikit berbeda yang dimana di Indonesia memiliki bulu yang berarna-warni dibandingkan dengan India dan Malaysia.

Merak memiliki banyak jenis dan memiliki warna bulu yang berbeda hingga mereka juga bisa menjadi senang dan menjadi agresif sesaat dalam waktu singkat.

Merak dapat menyerang orang kapan saja dan jangan selalu berpikir bahwa kamu akan menyenangkan jika bisa berfoto dengannya.

  1. Babirusa

Babirusa
Nah, hewan unik yang satu ini merupakan gabungan dari hewan babi dan rusa hingga dinamakan babirusa yang dimana sekilas kalian melihat kepalanya babi dengan kaki rusa dan taring yang sangat aneh sekali.

Walaupun begitu, hewan jenis ini termasuk dalam kategori babi meskipun tubuhnya seperti rusa. Kalian bisa menemukannya di beberapa provinsi dekat Sulawesi Utara dan di Sulawesi Utara itu sendiri.

Nah, itulah beberapa hewan unik yang hanya ada di Indonesia. Kalian bisa melihat mereka secara langsung dan tentunya tetap lestarikan mereka ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *