Sifat Baik Hewan Yang Bisa Kamu Tiru

Dalam kehidupan manusia di Bumi, Tuhan telah menciptakan berbagai jenis makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan agar manusia bisa memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sama seperti manusia, hewan juga bisa bernafas, bergerak, dan berkembang biak. Bedanya hanyalah akal yang tak dimiliki hewan layaknya manusia.

Namun ternyata berbagai jenis hewan secara tidak langsung mengajarkan kita mengenai arti kehidupan manusia.

Mereka memiliki sifat – sifat yang mungkin tak dimiliki oleh semua manusia. Makanya, mereka bisa dijadikan pelajaran untuk kita.

Dari sini mungkin kita bisa belajar dan mengoreksi diri sendiri mengenai kesalahan kita dari hewan – hewan berikut. Ada apa saja? yuk simak di bawah.

 

1.Ikan Salmon

Sifat Baik Hewan Yang Bisa Kamu Tiru

Ikan salmon mengajarkan kita bahwa perjuangan kedua orang tua demi kehidupan kita tak bisa terbalaskan.

Saat induk betina ikan salmon mulai bertelur, ia mati karena efek kelelahan selama perjalanan pulang dari perairan laut menuju tempat bertelur.

Setelah anak – anaknya tumbuh besar, maka mereka akan kembali ke tempat mereka lahir dulu untuk meneruskan keturunannya dengan berkembang biak.

Hal inilah yang membedakan salmon dan ikan lainnya dari segi perkembang biakkannya. Hal ini juga menggambarkan bahwa perjuangan orang tua sangat berat.

Apalagi untuk ibu yang sudah berkorban banyak dengan melahirkan kita dan berjuang demi kesuksesan kita. Jasanya tak dapat dibalas dengan apapun. Jadi, hormatilah kedua orang tua kalian ya.

 

2.Semut

Di musim panas, para semut akan selalu mempersiapkan makanan untuk bekal saat musim dingin tiba nanti.

Saat masih kecil, mungkin kalian pernah mendengar sebuah dongeng mengenai semut keciol dan belalang.

Saat musim panas, semut – semut sibuk dan saling bekerja sama untuk mengumpulkan bekal yang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhannya saat musim dingin tiba.

Sedangkan belalang hanya bersenang – senang dan menikmati indahnya musim panas tanpa peduli apa yang akan ia alami saat musim dingin datang.

Semut – semut akan sibuk untuk mempersiapkan makanan karena mereka tahu bahwa musim panas atau waktu untuk bersantai karena makanan mudah didapatkan tak akan berlangsung lama.

Dan tentu saja setelah itu akan datang musim dingin yang membuat para semut lebih sulit mendapatkan makanan.

Begitu juga dengan manusia. Semestinya kita selalu mempersiapkan diri dan mengantisipasi masalah yang akan terjadi di masa depan dan tidak terlena pada kenikmatan yang kita dapatkan saat ini.

Karena roda selalu berputar, ada kalanya kita mengalami kemunduran dalam berbagai hal seperti krisis finansial misalnya, jadi kita bisa mencegah hal itu terjadi dengan cara menabung.

 

3.Kupu – Kupu

Kupu – kupu menjadi indah karena proses panjang yang dijalaninya. Kalian pasti tahu jenis serangga yang memiliki sayap yang indah dan berwarna – warni ini kah?

Sebelum dipandang indah dan bisa terbang bebas di udara, kupu – kupu harus melewati proses metamorphosis dulu.

Yang awalnya berupa ulat yang menjijikan lalu menjadi kepompong dalam waktu yang lama hingga akhirnya menjadi kupu – kupu.

Tak ada seekor kupu – kupu yang ingin keluar dari kepompong sebelum waktunya tiba, karena jika mereka melakukan itu, maka mereka tak akan tumbuh dengan indah, bahkan mungkin tak bisa terbang dengan baik.

Sama dengan kehidupan kita, segala keindahan dan kesuksesan tak bisa didapatkan dengan instan, karena segalanya memang membutuhkan proses.

 

Itulah beberapa hewan yang memiliki sifat yang baik dan bisa kalian contoh dan ikuti. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian.