Sifat Harimau Yang Jarang Diketahui

Mungkin kalian tak banyak yang tahu bahwa pada tanggal 29 Juli ditetapkan sebagai Hari Harimau sedunia.

Tanggal ini ditetapkan untuk mengingatkan masyarakat mengenai perlindungan Harimau dari ambang kepunahan.

Global Tiger Forum di St Oetersburg adalah firum penggagas peringatan tersebut. pelestarian Harimau patut jadi perhatian kita juga.

Namun, sebelum itu, kita juga harus tahu lebih dulu mengenai hewan Karnivora ini beserta sifat sifat menarik yang ia punya.

 

1.Spesies Kucing Paling Besar dan Pemburu Terbaik di Rimba

Sifat Harimau Yang Jarang Diketahui

Panjang harimau dewasa bisa mencapai 11 kaki atau sekitar 335 sentimeter. Selain itu, harimau merupakan salah satu hewan dengan ingatan paling tajam.

Ingatannya bahkan lebih tajam dari manusia. Pengelihatannya juga tajam. 30 kali lebih tajam dibanding pengelihatan manusia di malam hari.

Insting predatornya juga dilengkapi dengan kecepatan berlari hingga 60 km / jam, serta kemampuan melompat sejauh 6 meter dengan tinggi 5 meter.

Si belang ini merupakan perenang paling andal di antara kucing – kucing lainnya. Senjatanya adalah cakar yang bisa mengoyak tengkorak beruang hanya dengan satu sabetan saja.

Suara aumannya juga bisa terdengar dari jarak 2 mil. Kemudian, ternyata bukan hanya bulunya saja yang punya garis – garis hitam.

Kulit harimau juga belang. Pola loreng setiap harimau tak pernah ada yang sama antara satu dengan yang lainnya. Karena itulah, para ahli biasanya mengidentifikasi seekor harimau melalui pola garis – garis hitam pada belangnya.

 

2.Spesies dan Ikon Nasional

Spesies dan Ikon Nasional

Dari 8 spesies harimau yang ada di dunia, saat ini hanya tersisa 5 spesies yang maish hidup. Dari 5 spesies tersebut, Harimau Sumatera ada di Indonesia.

Spesies harimau lainnya adalah, harimau Indochina, China Selatan, Bengal dan harimau Siberia. Sedangkan 3 spesies yang telah punah antara lain, harimau Jawa dan Bali, serta harimau Kaspia.

Dalam 100 tahun terakhir, jumlah populasi harimau menurun drastis dari angka 100.000 menjadi 3.000 sampai 4.000 ekor saja.

Menurut catatan WWF, populasi harimau hanya sejumlah 3.890 ekor di seluruh dunia, sampai dengan bulan April lalu.

Hal ini membuat para aktivis pecinta binatang khawatir akan ancaman kepunahan predator eksotis ini.

Negara yang menjadikan harimau sebagai hewan nasional antara lain Bangladesh, India, Vietnam, Malaysia dan Korea Selatan. Figur harimau juga terpampang jelas pada lambang negara Malaysia dan India.

Malaysia menggunakan simbol dua ekor harimau mengapit sebuah perisai untuk melambangkan kekuatan dan keberanian dalam menghadapi segala tantangan yang mengadang negara tersebut.

 

3.Tiger Woods

Tiger Woods

Harimau yang satu ini memiliki segudang prestasi di dunia olahraga. Tiger Woods sendiri merupakan penguasa rimba golf.

Ia merupakan salah satu pemain golf tersukses, serta masuk dalam daftar atlet terkaya di dunia selama beberapa tahun.

Sekitar 139 kejuaraan telah dimenangkannya selama menjadi pegolf profesional sejak tahun 1996 sampai 2008.

Pemilik nama asli Eldrick Tont Woods diberi nama panggilan Tiger sejak kecil. Nama tersebut diambil dari nama sahabat sang ayah (Earl Woods) yaitu, Kolonel Col. Vuong Dang “Tiger” Phong, semasa perang Vietnam.

 

Itulah beberapa sifat dan fakta dari harimau yang sangat jarang diketahui oleh orang – orang.

Semoga artikel ini dapat berguna serta bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini berpikir untuk bertemu dengan harimau atau ingin memelihara mereka. Pastikan kalian punya kandang yang luas ya!