Sifat Kelinci Hias Yang Harus Kamu Tahu

Pada dasarnya, setiap makhluk hidup pasti memiliki karakteristik dan sifatnya masing – masing. Baik manusia, tumbuhan, bahkan hewan pasti memiliki sifat dan juga karakter yang berbeda – beda.

Begitu pula dengan Kelinci yang merupakan hewan yang lucu dan unik. Seperti hewn lainnya, kelinci juga memiliki fisik serta karakter yang berbeda.

Kelinci sendiri merupakan sejenis hewan mamalia yang bisa ditemukan di banyak daratan terutama daratan Afrika dan Eropa.

Dulunya, kelinci termasuk hewan liar yang biasanya hidup di hutan – hutan. Namun, sekarang ini kelinci bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu kelinci pedaging dan kelinci peliharaan.

 

1.Suka Menggali, Mengerat, dan Melompat

Sifat Kelinci Hias Yang Harus Kamu Tahu

Hewan kelinci merupakan tipe hewan yang suke menggali. Apalagi kelinci yang hidupnya liar. Kelinci akan lebih bebas untuk menggai tanah hingga membentuk lubang.

Bukan hanya kelinci liar, kelinci yang diternakkan juga begitu jika dikandangkan dan bagian bawah merepa tidak ditutup.

Mereka akan selalu mencari dan mencuri kesempatan untuk bisa menggali. Selain itu, mereka juga merupakan pengerat yang ahli.

Apalagi untuk kelinci dewasa. Dalam aktifitasnya tersebut kelinci dewasa lebih cenderung mempertajam giginya.

Memang hal ini dikarenakan sifatnya yang suka mengerat jadi baik kelinci yang masih kecil maupun yang sudah dewasa mereka akan selalu menunjukkan sifat pengeratnya itu.

Selain mengerat dan menggali lubang, kelinci juga terkenal dengan sifatnya yang suka meloncat. Tak seperti hewan pada umumnya, hewan ini juga berjalannya memang secara meloncat.

 

2.Tenang dan Ingin Berkomuniasi

Tenang dan Ingin Berkomuniasi

Sifat kelinci memang tidak menyukai keramaian, saat mereka ditempatkan ditempat yang bising dan ramai maka mereka akan merasa cemas dan gelisah.

Selain itu juga akan berpengaruh terhadap nafsu makannya yang menurun. Agar kelinci merasa nyaman, tempatnya mereka di lokasi yang sejuk agar kelinci tenang dan biasanya nafsu makannya akan bertambah.

Selain itu, kelinci juga selalu ingin diperhatikan oleh pemiliknya. Saat ingin berkomunikasi, mereka akan menunjukkan sifat dan karakter mereka.

Dalam komunikasi hewan ini memiliki 3 cara yaitu melihat, mendengar, dan penciuman. Mereka mengetahui lingkungan sekitar begtu pula dengan pemiliknya.

Kelinci akan sangat hafal dengan orang yang memberi makan dan menyayanginya. Setiap pemilik harus mengetahui sifat tersebut karena kelinci saat Meara lapar tak akan mengeluarkan suaranya.

 

3.Suka Menggerakkan Hidung,Telinga, dan Menandai Tempatnya

Suka Menggerakkan Hidung,Telinga, dan Menandai Tempatnya

Kelinci memang hidungnya selalu bergerak. Hal ini bertujuan untuk mengetahui adanya makhluk yang ada di sekitarnya, kelinci akan menggerakkan hidungnya dan menghirup udara keatas, kebiasaan itu juga bertujuan untuk melindunginya dari bahaya saat sedang tidur.

Selain menggerakkan hidung kelinci juga suka menggerakkan telinganya. Kelinci akan menggerakkan telinganya untuk mendeteksi adanya bahaya disekitarnya dan bertujuan untuk mengatur suhu tubuhnya saat cuaca panas ataupun dingin.

Selain itu, kelinci juga akan menandai tempatnya dengan cara meninggalkan kotoran dan air kencingnya di bagian tanah yang telah dilubanginya.

Mereka juga bisa mengeluarkan suara walaupun tak setiap saat. Mereka hanya akan bersuara saat mereka merasa cemas dan mendengar kebisingan.

Bahkan saat kondisi lapar pun kelinci tak akan mengeluarkan suara, pemilik hanya perlu lebih mengetahui sifat – sifatnya.

 

Itulah beberapa karakteristik serta sifat dari kelinci yang harus kalian ketahui terlebih dahulu sebelum kalian memelihara mereka. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang berencana memelihara kelinci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *