Kanguru dan Australia menjadi dua hal yang sangat sulit untuk dipisahkan. Tak bisa dipungkiri, kanguru memang sudah menjadi ikon Australia.

Walau begitu, Australia bukan hanya memiliki kanguru. Sama seperti Indonesia, negara tetangga Australia juga dikenal memiliki banyak hewan khas yang juga populer dan koala adalah salah satunya.

Koala merupakan salah satu hewan khas Australia dan hidup di wilayah timur dan tenggara. Selain dikenal memiliki penampilan yang menggemaskan, koala juga dikenal sebagai salah satu hewan paling malas di dunia loh.

Banyak orang mungkin berpikir, hewan ini diberi nama Koala karena nama itu terdengar sangat imut dan sesuai dengan hewan satu ini.

Yang benar adalah, nama Koala itu berasal dari bahasa suku Aborigin yang merupakan suku asli Australia. Koala sendiri dalam bahasa Aborigin artinya tanpa minum.

Kenyataannya, koala memang jarang sekali minum air dan mendapatkan suplai cairan dari daun kayu putih yang mereka makan.

Walau begitu, koala juga sesekali akan mencari sumber air dan minum jika mereka membutuhkannya terutama saat udara panas atau saat musim kemarau.

Banyak orang yang berpikir, koala merupakan bagian dari keluarga beruang. Sekilas, hewan ini memang mirip seperti saudara jauh dari beruang dengan badan gemuk berbulu dan telinga yang bundar.

Padahal, koala bukan lah beruang, dibandingkan beruang, hewan ini lebih mirip dengan saudara jauh kanguru karena sama seperti kanguru, mereka juga memiliki kantung yang digunakan untuk menyimpan anaknya dan menjaga mereka tetap aman.

Berbeda dengan hewan lain, bayi koala juga dikenal dengan nama Joey. Dalam satu tahun, koala betina hanya akan melahirkan satu anak.

Beda dengan koala dewasa di mana bayo koala lahir tanpa bulu dan tak bisa melihat. Karena itulah, untuk menjaga bayinya tetap aman, induk koala akan menempatkan bayinya ked alam kantung selama enam bulan.

Setelah cukup besarm bayi koala akan merangkak naik ke punggung induknya dan tinggal di sana selama enam bulan.

Koala juga merupakan hewan yang sangat bawel dalam urusan makanan. Walaupun hanya memakan daun, namun mereka hanya mau memakan daun kayu putih yang berasal dari pohon tempat mereka tinggal.

Dalam satu hari, koala dewasa bisa makan sampai 1 kilogram daun kayu putih. Biasanya koala mencari makan di pohon mereka sendiri dan hanya memakan daun muda yang berasal dari puncak pohon.

Bertubuh gendut, koala adalah hewan yang sangat malas dan menghabiskan waktunya untuk tidur. Dalam sehari, seekor koala bisa tidur selama 18 hingga 22 jam.

Dua jam sisanya dipergunakan untuk mencari makan dan jika mereka gagal menemukan daun kayu putih, mereka akan kembali merayap ke batang pohon dan kembali tidur.

Memang benar jika koala menghabiskan hampir seluruh hidupnya di atas pohon. Meski begitu, hewan  ini ternyata juga jago olahraga renang. Jika memang harus, seekor koala bisa melintasi sebuah sungai tanpa tenggelam.

Biasanya selain untuk minum, koala juga menyeberangi sungai untuk mencari pohon baru sebagai tempat tinggal.

Pohon kayu putih yang menjadi rumah bagi koala bukanlah jenis pohon yang dilindungi.  Alhasil dalam setiap tahun terdapat ribuan koala mati karena kehilangan pohon dan kelaparan.

Saat ini, Australia telah kehilangan 90 persen koala dan hanya menyisakan 8.000 koala yang tersebar di berbagai hutan kayu putih.

Itulah fakta menarik serta sifat dari hewan Koala. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *